ARTIKEL UJIAN INFORMATIKA


Tips belajar efektif 


    Belajar mungkin merupakan suatu hal yang sangat membosankan bagi sebagian orang, niat yang muncul tentu ada tapi sulit untuk konsisten. Bisa karena mudah bosan, atau materi yang dipelajari tidak menarik. Untuk meningkatkan keefektifan dalam belajar tidak semudah yang dibayangkan, selain menyiapkan materi kita juga harus bisa berkonsentrasi. Menurut Yang dan Lian (2015), kejenuhan belajar adalah kondisi ketika siswa tidak mempunyai ketertarikan atau kurang antusias dalam belajar tetapi mereka tidak bisa melakukannya, mereka akan merasa sakit dan lelah pikirannya, keadaan yang demikian disebut dengan kejenuhan belajar. Hal inilah yang akan diselesaikan melalui beberapa tips yang akan membantu menaikkan minat para pelajar. Dengan meningkatnya minat, maka belajar akan lebih menyenangkan.  

   Dalam konteks "efektif" sebenarnya cukup sulit untuk didefinisikan, karena setiap orang memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Sehingga, berbagai cara yang ingin dilakukan bisa saja tidak berpengaruh besar kepada orang lain. Karena selera yang berbeda-beda itu tadi. Maka, untuk mencapai definisi "efektif" kita sebagai pelaku sendirilah yang harus pertama kali memahami diri. Lalu, dapat disusul dengan beberapa tips yang akan dijabarkan. Beberapa tips tersebut mungkin dapat meningkatkan keefektifan belajar. Contohnya adalah sebagai berikut: 

1. Siapkan tempat yang nyaman dan bersi


Tentunya tempat yang bersih dan nyaman dapat membuat kita betah untuk belajar. Tidak harus aesthetic, tapi asalkan bersih dan membuat nyaman, sebenarnya sudah lebih dari cukup. Yang paling penting jangan belajar dikasur/ tempat tidur karena meningkatkan kemungkinan untuk kita lebih malas dan mengantuk saat belajar.

2. Kenali metode belajarmu

Dengan mengetahui metode belajar, kita dapat meningkatkan minat lebih dalam belajar karena sudah sesuai dengan apa yang memang kita inginkan.

Membaca + latihan soal

Diskusi bersama teman

Menonton video Pembelajaran
Mencatat materi


3. Buat jadwal Belajar
Jadwal belajar sangat perlu, agar tidak ada tabrakan antar jadwal satu dengan yang lainnya.


4. Jangan hanya menghafal, tapi harus memahami inti pembelajaran
Menghafal biasanya hanya dapat diingat saat kita baru Belajar saja, berbeda dengan memahami. Ketika memahami pembelajaran, kita dapat lebih mudah mengingat materi karena sudah benar benar memahami isi materi tersebut.


5. Merangkum materi
Dengan merangkum , kita tentu membaca seluruh bagian materi sehingga ada bagian yang diingat, dan saat mengulang materi menjadi lebih mudah karena telah dirangkum menjadi lebih mudah dipahami.


6. Latihan soal
Latihan soal juga sangat perlu, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kita dalam memahami materi.


7. Review ulang materi
Setiap pembelajaran yang sudah berlalu biasanya hanya lewat begitu saja , karena malas mengulang sehingga lupa dan sulot untuk memahami materi itu kembali. Maka untuk mengantisipasi hal ini kita perlu mereview ulang setiap materi yang telah berlalu.


8. Mendengarkan musik
Bagi sebagai orang mendengar musik dapat membuat diri menjadi teman sehingga lebih fokus dalam belajar sambil menikmati alunan musik.

     Cara diatas dapat diterapkan secara perlahan hingga terbiasa, kita tidak perlu memaksakan diri untuk terbiasa. Namun, apabila tips diatas masih kurang meningkatkan fokus belajar, dapat mengikuti tips dibawah ini :


1. Pengorbanan waktu luang 

Biasanya kita banyak membuang buang waktu untuk hal yang kurang penting, misalnya bermain dan sebagainya. Jadi kita dapat mengganti waktu untuk  aktivitas tersebut menjadi waktu belajar. Misalnya: 

- Bermain hp = mengerjakan tugas

- Menonton TV = membahas ulang materi

2. Atur energi

Saat kelelahan, kita pasti tidak akan bisa fokus belajar, itulah mengapa sangat penting untuk mengatur energi.

        Dengan menerapkan tips diatas secara perlahan, dapat meningkatkan keefektifan dan fokus dalam belajar. Memang tidak ada satupun yang instan. Jika ingin belajar dengan efektif, maka berproses secara perlahan hingga terbiasa. Biasakan lah diri untuk mau berusaha lebih banyak. Karena, dengan berusaha apa yang diinginkan dapat tercapai. Jadi, dapat memanfaatkan beberapa tips diatas.


Hyperlink 

https://www.yasanjosiantar.com

https://www.smpcintarakyat1.sch.id

https://www.secretkampus.com




Komentar